Sabtu, 23 Januari 2010

CONTOH - CONTOH GAMBAR DESAIN

http://alumnituag.files.wordpress.com/2009/02/deep-indonesia-2009-from-desain-grafis-indonesia3.jpg
CONTOH DEASIN POSTER LOMBA
http://perangkat-lunak-komputer.tokobagus.com/upload/users/415/41535/%7BD9C9AC47-73C5-4D16-B698-AF4481082D0C%7D_8276_digital_art_9.jpg
DESAIN MAJALH MUSIK

CONTOH EDITING FOTO DENGAN PHOTOSHOP

http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs172.snc3/19968_107291449284084_100000096876437_190842_1903364_n.jpg

ini adalah editan foto lewat photoshop

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS

http://id.media1.88db.com/DB88UploadFiles/2008/08/07/E3FC66B5-CFF2-40C0-8231-566B6A378DE8.jpgDesain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Batasan Media

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Daftar Software Desain Grafis

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing:
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Adobe Freehand

Webdesign:
Macromedia Dreamweaver
Microsoft Frontpage
Notepad

Audiovisual:
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash

Rendering 3 Dimensi:
3D StudioMax
Maya
AutoCad

APA ITU DESAIN GRAFIS?

Desain (Grafis) adalah …

Setiap kali mendengar kata desain, yang terlintas dalam benak seseorang pastilah sebuah karya cipta yang indah, bagus, dan menarik. Seorang gadis akan membayangkan sebuah model pakaian dengan desain yang mampu membuat dirinya tampil menarik. Sementara seorang penggemar motor akan membayangkan sebuah motor dengan modifikasi yang sporty. Setiap orang akan mempunyai imajinasi yang berbeda terhadap sebuah kata desain.Sekarang coba kita perhatikan benda-benda yang ada di sekitar kita. Pakaian, sepatu, tas, jam tangan, handphone, dan masih banyak lagi. Perhatikan dengan lebih seksama dari biasanya, saat kita menggunakannya. Beragam sekali bentuk dan fasilitas atau kegunaannya. Mengapa sebuah benda yang sama fungsinya (misalnya handphone), bisa memiliki desain yang berbeda? Kembali pada imajinasi; setiap orang mempunyai imajinasi yang berbeda walaupun untuk satu jenis benda yang sama. Imajinasi-lah yang kemudian mempengaruhi proses kreatif seseorang dalam berkarya cipta sampai menghasilkan sebuah desain.

Dengan demikian pengertian desain berdasarkan uraian di atas adalah sebuah hasil akhir dari rangkaian proses kreatif seseorang. Sedangkan kreativitas adalah sesuatu yang tidak bisa muncul dengan sendirinya, melainkan harus melalui latihan dan selalu diasah. Sebagian orang memang dibekali dengan bakat alamiah dalam bidang desain. Nah, bagi sebagian lagi yang tidak memiliki bakat alamiah di bidang desain, latihan dan latihan adalah salah satu kuncinya.

Desain Grafis

Ketika sebuah desain ‘berbicara’ tentang bangunan maka yang ‘berbicara’ adalah arsitektur (desain bangunan). Saat sebuah desain ‘menceritakan’ keindahan sebuah taman maka yang ‘berbicara’ adalah desain lansekap. Giliran sebuah desain yang menampilkan bentukan-bentukan furniture, telepon, gelas dan sebagainya maka desain produklah yang ‘berbicara’. Demikian pula saat seseorang melihat sebuah poster, sampul buku, sampul CD, iklan, brosur dan multimedia maka desain grafislah yang ‘berbicara’.

Mengenai desain grafis, seperti yang diuraikan dalam wikipedia, pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang (desainer) untuk melihat efek dari layout atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Pada umumnya komputer dianggap sebagai alat yang sangat diperlukan dalam industri desain grafis. Komputer dan aplikasi perangkat lunak umumnya dipandang, oleh para profesional kreatif, sebagai alat produksi yang lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode tradisional.

Sebagai sebuah alat produksi, komputer berfungsi sebagai sarana yang mempermudah seorang desainer untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya ke dalam bahasa gambar (visual). Desain grafis dalam pengertiannya sebagai sebuah bahasa visual merupakan sebuah komposisi dari ilustrasi (image), tipografi, dan warna. Jadi bisa dikatakan bahwa proses desain grafis adalah menciptakan, mengolah, dan mengatur peletakan, ukuran, dan tampilan dari ketiga elemen tersebut sehingga menghasilkan suatu komposisi visual yang mampu berkomunikasi secara verbal dengan orang yang melihatnya.

Masih ingat iklan dua produsen rokok yang sama-sama menawarkan produk rasa mint-nya? Iklan yang pertama menampilkan seekor naga, sementara iklan yang kedua diwakili oleh selembar daun.

Produk yang pertama menampilkan animasi seekor naga yang ketika menghembuskan nafasnya keras-keras segala sesuatu di sekitarnya mendadak menjadi beku karena hawa dingin yang dikeluarkannya. Biasanya seekor naga akan mengeluarkan semburan api yang mampu menghanguskan segala sesuatu karena demikian hebat dan besarnya api tersebut. Nah, dalam iklan ini naga dan es ‘berbicara’ tentang bagaimana dinginnya rasa rokok tersebut sampai-sampai seekor naga yang telah mengkonsumsi rokok dengan rasa mint tersebut tidak lagi mengeluarkan api melainkan tiupan hawa dingin yang membekukan. Kemudian dalam iklan cetaknya, produk ini cukup menampilkan kotak kecil es yang membeku. Mengamati iklan tersebut terbayang bagaimana dinginnya rasa mint dari rokok tersebut.

Produk rokok yang kedua mempunyai slogan yang kurang lebih berbunyi ‘… 100% Menthol Alam!’. Menthol adalah nama sejenis dedaunan yang menghasilkan rasa mint. Dalam iklannya tampak panorama pepohonan yang rimbun, kemudian disusul dengan animasi sehelai daun menthol yang terjatuh karena hembusan angin. Panorama pepohonan yang sejuk dan asri, ditambah dengan jatuh perlahannya sehelai daun menthol ‘berbicara’ tentang unsur alam yang kuat yang dihadirkan (digunakan) dalam produknya. Seolah-olah ingin mengatakan bahwa produknya tidak mengandung bahan-bahan kimia yang membahayakan sekadar untuk memunculkan rasa mint-nya. Namun demikian melihat iklan yang kedua ini terbayang betapa alaminya bahan yang digunakan untuk menciptakan rasa mint tersebut.

BEALAJAR MEMBUAT KAOS ALA DISTRO

Dewasa ini kaos distro sangat di minati bukan hanya bagi kalangan remaja tapi kalangan anak anak maupun orang tua semakin hari semakin meminatikaos distro. Nah ini jelas peluang bagi para penjahit juga bagi para desain kaos. Di bandung, desain kaos bisa di hargai hingga ratusan ribu rupiah. Nah anda ingin belajar membuat desain kaos dengan menggunakan corel draw? nah saya akan membagikan puluhan mentahan desain di corel drew.

penjelasan isi adalah sebagai berikut:

esain kaus distro dari waktu ke waktu semakin berkembang pesat baik dari segi kuantitas maupun kualitas desain yang ditawarkan. Berbagai tema desain baru juga bermunculan seiring dengan perkembangan dan kreatifitas yang tinggi sehingga makin banyak diminati masyarakat baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa.

58 latihan membuat kreasi desain distro mulai dari desain berbasis teks, garis dan kurva hingga berbagai desain yang lebih ekstrem dan artistik sesuai dengan trend yang berkembang, dengan langkah-langkah yang mudah dan cepat

Download di

http://rapidshare.com/files/169363052/60_File_Belajar_Membuat_KaosEXTREME_

Jumat, 22 Januari 2010

CARA MEMBUAT BAJU DEASI SEDERHANA

Bagi yang mengalami masa kuliah sekitar tahun 1999 sampai sekarang, tentunya menjadi saksi bangkitnya industri apparel dan fashions house buatan lokal di masing-masing kota. Saya ingat sekitar tahun 2000, merk dagang Apparel 347 mulai dikenal di kalangan mahasiswa Bandung, terutama pada saat itu adalah produk jaketnya. Setahu saya pada saat itu angka 347 berasal dari alamat tokonya yang terletak di jalan Dago, no 347. Setelah itu tidak lama kemudian, muncul berbagai merk apparel dari rumah fashion lain dan itu berlanjut sampai sekarang, beberapa menjadi besar dan yang lainnya tenggelam. Mencermati hal tersebut, saya melihat bahwa salah satu keunggulan merk dagang lokal atau lebih mudah disebut produk distro adalah kecepatan untuk mengikuti selera pasar yang sangat khas Indonesia. Pada saat itu kebutuhan baju yang sederhana dengan ukuran yang khas Indonesia sangat jarang terlebih bila menyentuh masalah harga yang tentunya pada saat itu salah satu yang sensitif. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas fenomena sosial yang ditimbulkan oleh distro-distro ini, tapi hanya akan memberikan tips dan trik mengenai desain baju, desain kebaya, desain gaun, dan desain kostum bergaya distro, walaupun saya tahu ini terlambat sekitar 5 tahun.

Satu hal yang pasti, harus simple

Well, ini menjadi pakem utama dalam pembuatan desain baju fashions house saat ini. Pembuatan baju atau bahkan desain kebaya yang sederhana akan menghemat biaya dan tentunya sesuai filosofi awalnya akan menjadi lebih murah. Walaupun mungkin pengaruh desain minimalis ikut berperan didalamnya.

Mulai dengan permainan layout font
Permainan font adalah cara paling mudah untuk mendapatkan basic feel atas suatu desain baju yang sederhana tetapi masih inline dengan semangat awalnya, yaitu simplisitas.sebuah font sans serif seperti arial atau yang lebih bagus seperti Helvetica cukup baik untuk digunakan sebagai fokus utama dalam desain rumah fashion dengan base layout font.

Mainkan font-nya
Bila mau lebih advanced, anda bisa mengubah warnanya menjadi lebih menarik, misalnya dengan warna merah atau yang lain, dan bila mau, bisa sedikit merobek desain anda supaya terlihat efek usang, atau seperti produk sablon yang telah mengelupas

Menggunakan efek usang

Anda bisa melakukan hal ini dengan menggunakan teknik ”back minus front” di coreldraw. Dengan awalnya membuat semacam curva kecil yang digunakan untuk mengcrop desain dibelakangnya, kita akan diskusi mengenai hal ini di lain waktu saja yah.

Tambahkan pemanis berupa gambar

Karena desain baju atau desain gaun pada awalnya biasanya menggunakan teknik sablon, maka desain dengan gradasi biasanya susah dikerjakan, oleh karena itulah muncul aliran desain kostum yang menggunakan teknik trace dan kontras hitam putih, atau yang kemudian banyak ditiru saat ini adalah gambar Che Guevara dan sejenisnya yang kemudian di cetak di tas kulit (biasanya berwarna putih atau warna netral lainnya)

Menggunakan high contrast

Cara untuk mendapatkan efek ini sebenarnya mudah, biasanya saya akan memulai dengan program Photoshop. Photoshop sangat membantu untuk menseting kontras hitam-putih sehingga akan lebih mudah untuk di trace diprogram pengubah bitmap ke vektor, seperti Corel Trace.

http://www.anthronic.com/


Temukan informasi lain mengenai
Fashions House - Rumah Fashion - Desain Kebaya - Desain Gaun - Desain Kostum hanya di Desain Kebaya Fashions House: Rumah Fashion - Desain Gaun & Kostum Jakarta Barat 88db.com

CARA BUAT KOBARAN API DENGAN PHOTOSHOP

1. buat lembar kerja baru (800x600) beri background warna hitam

2. beri coretan dengan menggunakan Brush Tool tutorial photoshop (lihat gambar):
tutorial photoshop

3. kemudian dengan smodge tool tutorial photoshop corat-coret sesuai dengan arah panah (bisa dimodifikasi) lihat gambar:
tutorial photoshop

hasilnya
tutorial photoshop

4. oke agar kobatan apinya lebih panas kita tambahkan lagi coretannya dengan Brush Tool tentunya:
tutorial photoshop

5. Yup hasil akhirnya kira - kira seperti ini:
tutorial photoshop

6. Bisa juga dimodip kayak gini menjadi foto efek
tutorial photoshop